Ari Prasetyawan

Pengertian Interaksi Manusia dan Komputer

Apa sih Interaksi Manusia dan Komputer itu?

Tujuan dari Interaksi Manusia dan Komputer sendiri apa?
Interaksi Manusia dan Komputer

Interaksi Manusia dan Komputer
Adanya suatu ilmu desain implementasi dan evaluasi yang saling berkaitan dari sistem komputasi yang interaktif untuk digunakan oleh manusia sob dan untuk studi tentang ruang lingkup, contohnya satu interaksi dengan satu komputasi mesin.

Supaya sobat dapat menggunakan komputer secara efektif dan komputer menerima secara luas, maka ini perlu di rancang secara baik sob.

Maksudnya komputer perlu di rancang itu agar memenuhi dan mempunyai kemampuan sob, sesuai dengan yang kita butuhkan secara spesifik.

User Interface (antarmuka pengguna) yang dikenal dengan Man-Machine Interface (MMI) pada tahun 1970 dan sobat tau gak? itu menjadi topik hangat bagi peneliti dan perancangan sistem.

Tidak hanya itu sobat, pada pertengahan tahun 1980 Human - Computer Interaction (HCI) muncul sebagai bidang studi baru sob.

HCI sendiri merupakan ilmu yang disiplin dengan perancangan, evaluasi dan implementasi sistem komputer interaktif sob, yang digunakan untuk manusia dan studi tentang fenomena disekitar.

Dari sudut pandang pengguna merupakan keseluruhan sistem, menjadi :
  • Useful : Fungsional yang artinya dapat mengerjakan sesuatu
  • Usable : Dapat mengerjakan sesuatu dengan mudah
  • Used : Terlihat baik, tersedia dan ditermia atau digunakan oleh organisasi
Tujuan dari interaksi manusia dan komputer yaitu :
  • Membuat sistem pengguna lebih berguna, aman, produktif, efektif, efisien dan fungsional
  • Meningkatkan interaksi antara manusia dengan sistem komputer
Kesimpulan
Jadi, interaksi manusia dan komputer itu merupakan serangkaian proses dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia sob, untuk berinteraksi dengan komputer yang saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka, untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan tentunya.
Bagikan :

Postingan terkait:

2 Komentar